Selasa, 05 Juli 2011

Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun



Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun .. lima hal yang biasa kita lakukan saat berinteraksi dengan orang lain.

Senyum tulus yang terpancar dari wajah kita saat berbicara dengan orang lain pasti akan membuat lawan bicara kita nyaman. Hati kita ikut terimbas bahagia saat senyum menghiasi wajah kita. Bagaimanapun rupa kita,lawan bicara kita akan ikut tersenyum melihat kita tersenyum. Senyum adalah ibadah yang paling mudah dan murah. Maka tersenyumlah .. kepada siapapun yang kita temui :)

Salam yang diucapkan dengan ketulusan mampu mencairkan suasana kaku. Bila ada seseorang yang mengucap salam dengan suara lembut dan bersahabat, hati kita pun terasa sejuk mendengarnya. Didalam sapa salam ada nuansa tersendiri. Persaudaraan berawal dari salam, mari kita tebarkan salam.

Sapa-an ramah yang kita ucapkan kepada orang lain akan membuat suasana menjadi akrab dan hangat. Biasakanlah menyapa .. mulailah pada seseorang yang berada didekat kita. Dengan satu sapa saja kita bisa menyapa getaran kemuliaan yang hadir bersamaan dengan sapaan kita.

Sopan ketika duduk, sopan ketika lewat didepan orang tua, sopan kepada guru. Sopan ketika berbicara, sopan ketika berinteraksi dengan orang lain. Jaman sekarang masih banyak ko’ anak-anak muda yang memiliki sikap seperti itu. Apakah kita orang yang memiliki etika kesopanan ?

Santun adalah sifat yang hanya dimiliki oleh orang-orang istimewa. Orang-orang yang mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan dirinya. Orang-orang yang mengalah memberikan haknya untuk kepentingan orang lain semata-mata untuk kebaikan. Sejauh manakah kesantunan yang kita miliki? Sejauh mana kelapangdadaan kita ? Sejauh mana sifat pemaaf kita ? Mampukah kita membalas dengan kebaikan setiap hal kurang baik yang kita terima ?

Kawan .. walau secara sederhana, mari kita jadikan diri kita sebagai bukti keindahan ciptaan Tuhan. Senyum tulus dan ikhlas, sapa hangat, ramah dan lembut, saling mendo’akan dan perhatian. Penampilan yang sopan dalam kondisi bagaimanapun akan membuat pribadi kita lebih baik. Pribadi yang santun, lapang dada, pemaaf, serta berusaha membalas keburukan dengan kebaikan.

7 komentar:

Nick Salsabiila mengatakan...

uuftt..ingat Aa' Gym mb ani...hahahaa...nick suka note ini...sangat sukaa.....hehehee
keep writing mbakk..teruslah alirkan hikmah untukku...^^

jengjuminten mengatakan...

kenyennnnnnnnn Bunda ... minten sukaaaaaaaaaaaa...:)

Ani mengatakan...

@Nick .. ini memang catatan waktu aku ikut MQ beberapa tahun lalu.
Lagi-lagi pelangi Bloof yang hangat, senyum salam sapa sopan dan santun yang setiap saat kita baca digrup, mengingatkanku juga sama Aa Jimy yang kocak dan Aa Gym kembaran-nya (seperti Qefi dgn Dia 'kali)
^__^

Ani mengatakan...

@Minten .. matur nuwun Jeng
Aku suka dgn bintang kuning-mu, artinya bintang perdamaian :)artinya bintang perdamaian :)

first gamut mengatakan...

Subhanallah, sederhana tapi sungguh penting untuk diamalkan ^^

FANNY RAHMATINA RAHIM mengatakan...

http://fannyphysicseducation.blogspot.com/

foll back yaaa

postingannnya bgus...

salam bloofers !!

ahmad faizal fajar s mengatakan...

ini copas, buat nambah ilmu..