Senin, 19 September 2011

Tuliskan .. Kerjakan .. Tuliskan

Semua orang punya mimpi. Tetapi tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi mereka. Bagaimana mewujudkan impian dengan memecahkannya menjadi tujuan-tujuan yang nyata?
Berikut ini adalah 5 cara untuk mewujudkan mimpi :

1. Mulai Dari Sekarang
Aku masih ingat saat training Manajemen Qolbu beberapa tahun lalu pembicaranya mengatakan ini,”mulailah dari yang terkecil, mulailah dari diri sendiri, dan mulai lakukanlah sekarang juga.”
Benar sekali, meski ada pula pepatah yang mengatakan satu langkah pertama mengawali seribu langkah berikutnya, tetapi jika tidak segera DIMULAI SEKARANG! Boro-boro seribu langkah, lima langkahpun tidak akan pernah sampai.
Kebiasaan kita adalah suka menunda-nunda pekerjaan. Memunda lima menit saja itu sama artinya dengan kita menunda 5 menit kesuksesan kita. Bayangkan bila kita menundanya sampai sebulan atau bahkan setahun, itu bisa berarti kita tidak akan pernah sukses sama sekali.
Maka buanglah kebiasaan menunda, segera lakukan SEKARANG!

2. Buat daftar  “TO DO LIST”
 “Tulislah yang kamu kerjakan dan kerjakan yang kamu tulis”. Kebiasaan ini sangat bagus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain untuk mengingatkan apa-apa saja yang mungkin lupa kita kerjakan, kita juga bisa melakukan sesuatu yang lain lagi setelah menyelesaikan pekerjaan yang telah kita tulis tadi.
Setelah kebiasaan itu biasa dilakukan, kemudian tuliskan juga apa yang sudah kita selesaikan hari ini selain menulis apa saja yang akan kita kerjakan hari ini.

3. Buang  kebiasaan “MALAS dan ALASAN”
Malas adalah penyakit menular yang sangat berbahaya. Orang pintar yang malas saja bisa dikalahkan oleh orang bodoh yang rajin. Rugi deh jadi manusia pemalas. Orang yang punya banyak alasan tidak jauh berbeda dengan orang yang malas. Selalu saja ada alasan untuk tidak mengerjakan sesuatu. Biasanya tipikal pemalas dan banyak alasan ini adalah orang yang biasa-biasa saja. Mereka bukan tipe pekerja keras, maunya enak buat dirinya sendiri saja, cenderung egois.
Hanya orang rajin dan inovatif-lah yang bisa sukses.

4. Berdoa dan Berderma
Kerja keras siang malam tanpa henti tetapi tidak pernah beribadah jangan harap Tuhan akan mewujudkan mimpi kita. Biarpun kita sudah maksimal dalam bekerja, tidak pernah lupa beribadah, jika Tuhan belum menghendaki, sukses kita juga masih tertunda. Ora et labora .. bekerja sambil berdo’a, itu pepatah untuk sepanjang masa. Jika Tuhan belum menjawab do’a kita .. Tuhan pasti akan menjawab.
Selain berdo’a kita juga harus banyak berderma/bersedekah. Semakin banyak kita berderma, semakin banyak pula nikmat yang akan kita peroleh. Tentu saja derma kita harus ikhlas.

5. Jangan Pernah Menyerah
Betul! Jangan pernah sekalipun putus asa dengan apa yang sedang kita kerjakan. Selalu ada harapan meski dalam kesempatan sangat kecil sekalipun.  Teruslah berusaha dan berupaya!

10 komentar:

Qefy mengatakan...

Terpaku saya membacanya Bunda. Penuh inspirasi untuk terus semangat melakukan yang terbaik dalam perjuangan hidup. Menulis akan menemukan jati diri yang seutuhnya. Semoga selalu saling menyemangati nih untuk terus berkarya...

Unknown mengatakan...

Trima kasih telah menyemangati hidup saya. Bagus ini postingnya, jadikan referensi dalam mencapai perubahan yang nyata :)

Muhamad Ratodi mengatakan...

Siap laksanakan teh...semoga istiqomah...

Budiman As'ady mengatakan...

Bismillah... semoga selalu terjaga semangat dan keistiqomahannya.

Asriani Amir mengatakan...

insyaAllah aminn..
tips2nya sngat bermnfaat bunda. :D

Gulunganpita mengatakan...

haaaa bundaku..
*mungutin kertas-kertas bahasa bule yang harus ditranslate*

terima kasih.. mlm ini tugasku pasati selesai!! :D

Nik Salsabiila mengatakan...

Mbak Aniii..maaf yaa...baru sempat komen...hiks....
Believe in The Power of Dream.. then Make It happen !

Semangaattt...terimakasih mb ani...membuatku makin mantab melangkahkan kaki....pada tiap perjalanan...^__^

Hana Nuraini mengatakan...

Alhamdulillah..tipsnya bermanfaat sekali bunda *eh boleh panggil bunda kan? hehehe*... ^^

Ani mengatakan...

@All .. makasih udah mampir, anak-anakku ^__^

my class mengatakan...

bunda tercinta.. bagaimana ya carax mengatur wktu dengan baik. karna stelah kita rancang hal-hal yang kita kerjakan pada hari itu. pasti ada da saja yang membuatnya tdk terlaksana