Rabu, 22 Juni 2011

10 Tentang-ku

Meneruskan kutukan Bloofers dari Asriani Amir lewat Uswatun Hasanah Musa, aku buat deh tulisan ini, biar sahabat Bloofers lebih saling mengenal satu sama lain. Semoga kutukan-nya segera hilang.

Anak-anak
Mereka-lah tigal hal terindah dalam hidup-ku. Mereka-lah motivasi terbesar hidup-ku. Ayda, putriku 10th, Fauzan 8th dan Zidan 6th. Hobi mereka semua sama .. maeeeen.  Sama seperti jaman aku kecil dulu. Kata orang bijak, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Seperti aku juga, mereka pintar, baik hati dan tidak sombong .. (he he ..) tapi juga jail-nya suka over.

Berantem, biasa-lah, namanya juga anak-anak. Nakal, itu juga biasa. Pertanda anak-anak sehat ‘kan memang begitu. Nah, jika mereka tiba-tiba berubah jadi pendiam, barulah aku kuatir. Itu artinya mereka merasa ngga enak badan .. kecapean kebanyakan maen.

Tapi sakit-pun mereka ngga pernah lama. Semangat dalam diri mereka (semangat untuk maen) yang membuat mereka cepat sembuh. Heran deh sama mereka, ngga ada capenya. Meski maen seharian dari pagi sampe sore, malamnya masih ngga kehabisan energy.  Sampe mulut berbusa minta mereka berhenti, tetap saja maen.

Disuruh belajar, susaaaah banget. Tapi kalo ngga disuruh, mereka belajar dengan senang hati. Aneeeh .. sudah seumur ini aku masih ngga bisa memahami mereka, masih perlu banyak belajar caranya mendidik anak-anak. Tapi aku ngga kuatir dengan pelajaran mereka disekolah, tiap kali ada acara pengambilan raport  disekolah,  piala selalu ngga ketinggalan kubawa pulang juga.

Bandung
Benar ‘kan .. mojang Priyangan seperti aku ini manis (kepedean). Ma’ Uneh .. paraji (dukun bayi) yang membantu Ibu-ku atas kuasa Tuhan, berhasil mengeluarkanku dari perut Ibu belum lama ini .. ehm .. baru 37 tahun .. (3+7=10) cocok ya sama judulnya. Kedua orang tua-ku tinggal disana, setiap lebaran, wajib kita semua silaturrahim kesana. 

 Buku
Jaman baheula (lagi) hamper tiap hari sepulang sekolah dan sepulang kuliah aku ke perpustakaan Rawa Bunga di Jatinegara. Hampir semua novel disana kubaca. Kalo ngga ada novel baru, aku ke ruang majalah dan Koran. Dirumah, sepupuku punya banyak sekali komik jepang. Aku paling suka dengan serial Topeng Kaca (sekarang direlease baru lagi).

Gramedia Matraman jadi tempat persinggahan kedua favoritku. Aku betah berada disana berjam-jam, baca apa saja yang belum pernah kubaca. Sementara ditempat penyewaan Kho Ping Ho, buku-buku serial kung fu mungil itu juga kulahap habis. Majalah mulai dari Bobo (jaman SD) sampai Kosmopolitan dan Tempo (saat dewasa) ngga pernah ketinggalan.  Ensiklopedi yang berjejer di lemari buku Uwa hampir semuanya kubaca. Hampir .. karena yang bahasa-nya Inggris aku ngga ngerti he he. National Geographic  saja saat itu ‘kan belum ada edisi bahasa Indonesianya, tapi aku suka sama gambar-gambarnya, kadang nengok kamus segala. Aku keliling dunia lewat semua tulisan yang kubaca .. ^_^

Novel terakhir yang kubaca .. Twilight Saga Series .. ke-empat serinya habis kubaca dalam waktu tiga pekan saja. Padahal rencananya aku mau baca itu tiap akhir pekan. Tapi mana tahaaaan, mereka seperti memanggil-manggilku terus minta dibaca-in. Maka terjebaklah aku di Twilight zone saat itu .. pengalaman di dunia vampire yang menarik.

Menulis
Saat SMP dan SMA, aku yang paling rajin update status (istilah facebook) di diary Genk sekolahku. Kalo dikumpulin, ada lebih dari sepuluh buku diary tentang kegiatan aku dan kelompokku. Sayaaaaaaaaang seribu saying .. diary-diary itu raib entah kemana (aku tau sih, seingatku mereka itu terperangkap di gudang tua salah seorang kawanku). Tentang menulis .. aku ceritakan nanti di postingan khusus ya .. PR lain dari Aci Bloof … wuih, banyak juga PR-ku kali ini. 

Sepeda
Aku ngga pernah dibeliin sepeda (kesian ya) tapi aku suka banget maen sepeda. Sepeda roda tiga pinjaman jaman pra SD dulu (baheula) yang ngga mungkin kulupa, saat nabrak Ibu Guru. Untunglah waktu itu aku masih kecil dan imut-imut, jadi Ibu Gurunya ngga marah. SD kelas 3 aku bela-belain tiap liburan nginep dirumah sepupu yang punya sepeda. Tiap hari aku habiskan maen sepeda mini keliling komplek sampe nyasar-nyasar, jatuh ke sawah, ke lobang yang ngga kelihatan. Tapi semangat gowes sepeda ngga pernah luntur meski kaki dan tangan biru-biru, maju terus pantang mundur. Itu cerita masih di Bandung.

Waktu aku sempat sekolah di Dumai, Riau, wah .. lebih seru lagi maen sepedanya .. keliling komplek ke pinggiran hutan yang konon masih suka terlihat harimau saat itu, sekitar tahun 1986. Ngga tanggung-tanggung sampe naek sepeda ke pinggir pantai berdua kawanku, jauuuuh .. niat banget, berangkat pagi pulang sore.

Setiba di Jakarta, waktu itu di rumah hanya ada sepeda balap yang tinggi itu tuh, tapi asyik .. bisa ngebut lebih hebat dan .. nyaris kecelakaan. Biasa deh, minggu pagi aku asyik gowes keliling Duren Sawit .. ngebut dong, sepi .. wussssssh .. lagi enak-enaknya meluncur di jalan menurun, rem-nya terlepas dari stang, panic dong, mana mobil-mobil itu tiba-tiba saja jadi banyak. Untung lagi di ngga jauh dari turunan itu ada jalan menanjak.

Setengah panic gowes zig-zag menghindari kendaraan lain, aku berhasil menempatkan kembali posisi rem ke tempatnya, kemudian berhenti dulu .. meredakan jantung yang berpacu lebih cepat dari aku gowes tadi.
Sampai sebulan yang lalu, aku gowes  sepeda ke tempat kerja. Merasa berat badan makin berat dan putriku merengek-rengek terus minta sepeda, jadilah si merah putih kuhibahkan buatnya.  Aku suka gowes .. sampai kapanpun. 

 Lagu
Kapanpun dimanapun, keseharianku tak pernah lepas dari lagu. Aku suka menyanyi, mulai dari lagu sunda sampai heavy metal. Masak pagi sambil nyanyi, bisa menambah nikmat rasa masakan lho. Beres-beres rumah sambil nyanyi kegiatannya ngga jadi asyik. Mandi sambil nyanyi juga seru, tapi saat gosok gigi ngga boleh sambil nyanyi. Berangkat kerja sambil nyanyi, perjalanan jadi terasa dekat. Kerja diiringi lagu juga boleh, jadi ngga stress saat dikejar target laporan dari bos.

Dan aku suka Bon Jovi .. ^_^ 

 Kopi
Tiada hari tanpa minum kopi. Aku sudah minum kopi sejak masih SD. Dulu hanya ada kopi tubruk ya, kombinasinya paling-paling kopi susu. Jaman sekarang lebih variatif, dan aku paling nyaman minum coffee cream.  Berikutnya cappuccino dan white coffee, kopi tanpa gula .. enak.

Pagi-pagi sarapan minum kopi ditemani lagu 11 Januari-nya GIGI sambil makan roti keju .. hmmm .. mantap. Semangat pagi diawali dengan kopi. Menjelang malam .. kopi lagi. Kegiatan sepanjang siang-ku ‘kan cukup padat, ‘kan kerja. Malam hari juga masih banyak yang harus dikerjakan, terutama menemani anak-anak. Tanpa ngopi biasanya aku ngga tahan melek sampe jam 10.

Saat puasa juga kopi ngga boleh ketinggalan, saat sahur dan berbuka puasa (seperti iklan obat maag aja ya he he ..) 

 Persahabatan
Aku sudah pernah ceritakan tentang mereka sebelumnya di postingan yang lalu.
Dan Bloofers adalah sahabat-sahabat baruku.  

 Film
Action, kung-fu, misteri, romance, comedy, petualangan, semuanya kusuka. Kamen Rider dan Power Rangers aja aku suka .. ikut nonton tiap minggu pagi sama anak-anak. Ben Ten, Bey Blade, Pokemon .. hmm film kartun favoritku dulu .. serial Sailor Moon .. he he.

Dan aku suka Mc Gyver .. jatuh cinta pada pandangan pertama .. ha ha .. ga pernah ketinggalan nonton film-nya, saying sekarang ngga ada. Orangnya biasa aja ya, sederhana, ngga sombong, tapi pinter dan akal-nya banyak, kuterpesonaaa .

Jalan-jalan
Sejak berkeluarga, aku jarang jalan-jalan. Tapi aku yakin suatu saat nanti aku bisa jalan-jalan kemana saja yang aku mau, bahkan keluar negeri dan keluar angkasa .. ngayalnya ketinggian ya .. :)

Aku suka sekali waktu naik bukit Jayagiri ke gunung Tangkuban Parahu, bolak-balik bersama ketiga adikku, capeee .. asyik dan senang menyatu dengan alam. Berlayar melintasi selat Karimata, makan durian sepuasnya di Makasar, memperhatikan lumba-lumba mengiringi kapal yang kutumpangi. Melihat ombak yang keras menampar pantai Balikpapan, ke penangkaran buaya, menikmati pemandangan rumah-rumah terapung.

Waaaah … mau jalan-jalan lagiiiii ..

Cukup sekian ya kupasan tentang diriku .. selanjutnya kutukan ini kulanjutkan pada yang belum pernah kena kutuk .. diantara 597 anggota Bloofers, hayooo maju, tunjuk tangan, ngacung, unjuk gigi .. lanjutkan kutukan ini oleh kalian yang belum kena.

Selamat menulis ..

5 komentar:

Andi AF Studio mengatakan...

miss diary yang doyan bersepeda dan jago kungfu.. mantap :D

arman rachim mengatakan...

aku kena kutukan juga,..
tapi sampai sekrang belum sempat nulis.. hehehe...

wah.. seru abis,. jiwa petualangan juga mbak...
kapan kapan ajak bloofers untuk jalan jalan juga... heheehheh...

Nik Salsabiila mengatakan...

waaaa...mbak anii...hahaa...genk aku dulu jg punya buku harian bersama...haahaa..
nama genk q venciest hahaha,,,norak pokoknya....wkwkwkw

Asriani Amir mengatakan...

buku, menulis, persahabatan, film, jalan-jalan.. itu mah saya semua. hehehhe..
mmg kebutuhan dasar kayaknya ya bun. :D

NB: smoga si atun cepat2 cabut kutukannya. heheheh

Ani mengatakan...

@Semua .. terima kasih atas peninggalan jejaknya ^_^