Minggu, 10 April 2011

Filsafat Air


Planet bumi berwarna biru bila dilihat dari luar angkasa. Hal ini karena sebagian besar permukaan bumi adalah air .. yang memantulkan cahaya matahari membiaskan warna biru yang indah.  Kehidupan manusia tak pernah lepas dari peran penting air sebagai sumber kehidupan.

Begitu pentingnya peranan air dalam kehidupan manusia tak lepas dari filsafat yang mempengaruhinya. Luangkan sedikit waktu untuk memahami mengapa air begitu berarti, karena setiap manusia bisa memiliki peranan penting dalam kehidupannya seperti air :

  1.  Air yang mengalir dapat menyuburkan tanah sekitar, menumbuhkan tanaman dan menghasilkan buah, mengajarkan pada kita agar senantiasa berusaha memberikan manfaat kepada manusia lain.
  2. Air memiliki sifat bersih dan jernih yang melambangkan kejernihan hati, kejujuran dan keadilan.
  3.  Aliran-aliran kecil bergabung menjadi anak sungai dan akhirnya menjadi sungai besar, jika ingin berhasil, maka kita harus saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan.
  4. Aliran air setiap waktu berubah, mengajarkan bahwa kehidupan ini harus dinamis, selalu bergerak untuk berubah menjadi lebih baik. Jika air berhenti mengalir maka akan membusuk, demikian pula manusia harus kreatif dan inovatif jika ingin tetap eksis.
  5. Sungai mengalir dari atas ke bawah, melambangkan kerendahan hati dan sopan santun, orang yang diatas harus mendatangi yang dibawahnya.
  6. Air dengan mudah melewati bebatuan. Bila bertemu kerikil ia akan mengalir diatasnya namun bila menjumpai batu besar ia lewat disampingnya, menggambarkan pribadi yang luwes, fleksibel, dan mudah menyesuaikan diri.
  7. Air mendatangkan banyak kebaikan bagi lingkungannya, tapi bila lingkungannya rusak maka ketika hujan turun akan terjadi banjir yang menerjang segala yang dilaluinya, ada saatnya bersikap lembut naum juga ada kalanya bersifat tegas.
  8. Sungai menampung sampah, kaleng bekas bahkan kotoran manusia, mengajarkan kita untuk siap menerima masukan dan kritik sekalipun menyakitkan tapi harus ditanggapi dengan tenang dan obyektif.
  9. Sungai yang masih alami suaranya gemericik indah. Orang yang bijak akan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan Tuhannya dan dengan sesamanya.
Begitu banyak yang bisa kita pelajari dari air.

5 komentar:

Budiman As'ady mengatakan...

dan air menyejukkan jiwa2 yang rindu perubahan... tetap bersemangat...

Fahrie Sadah mengatakan...

Tenang tapi menghanyutkan..

mushdiqah mengatakan...

air itu mampu membawa kesegaran....^^
foll back yah..

Ani mengatakan...

air ... air ... air ...
tanpanya ... mahluk hidup ... bukan mahluk hidup

auraman mengatakan...

that's true... the power of water !!