Selasa, 23 Agustus 2011

Ijin Copas Gambar

Terima kasih kepada "Anonim" yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengunjungi blog saya yang sederhana.

Pada kesempatan ini saya dengan senang hati menghaturkan permohonan maaf kepada anda karena telah dengan sengaja memakai gambar milik anda untuk isi conten blog ini yang artikel-nya juga saya copas dari blog seseorang yang saya sudah lupa namanya.

Berikut adalah pesan dari "anonim" yang mengklaim gambar ini sebagai miliknya :

dan ini adalah "gambar"-nya :


gambar keongnya memang bagus 'kan?
Aku terkesan dengan gambarnya .. cocok sekali untuk postingan saya tentang keong.

Sewaktu menelusuri gambar tersebut (ada beberapa di google) sumbernya ada yg dari 
geoweek.wordpress.com, ada juga yang dari kolomkita.detik.com .. jadi milik "anonim" yang mana ya ?


Sekali lagi saya mohon maaf kepada "anonim" dan pihak-pihak lain yang dengan sengaja saya pakai gambarnya untuk memperindah tampilan isi blog saya, tidak lain karena rasa kagum terhadap gambar-gambar tersebut.


Jadi ingin membuat gambar sendiri untuk mempercantik tulisan-tulisan saya berikutnya.
Jika kalian suka dengan gambar-gambar saya nanti, boleh ko' dipakai .. asal tidak untuk keperluan yang berbau sara.


Happy Bloging  ^__^

9 komentar:

Irma Devi Santika mengatakan...

waduuuuuh.. ada2 aja.
klo saya selama bukan foto saya dan ga ada embel-embel identitas saya di foto itu mah bebas2 aja mau dipake juga. hehehe.. spt mbak ani katakan asal jgn yg berbau sara :)

agustin's aggunk mengatakan...

halah nyantai aja namanya juga dunia maya, apa mungkin si 'Anonim' gak pernah copas ??
ini blog saya http://indoscream.blogspot.com/
copas semua isinya, hehehe

Zia mengatakan...

@indoscream
Maaf, tapi sikap anda yang terlalu 'enteng' memandang soal ini, sepertinya kurang pas.

memang, kalo mau saya akui, Indonesia adalah negeri yang kurang menganggap penting sebuah hak cipta, atau dalam hal ini, hak atas kekayaan intelektual (HAKI)

dalam kasus mba ani, kesalahan ada di dua pihak. 1, di pihak mba Ani yang tidak mencantumkan sumber gambar. itu etika,sama seperti copas tulisan orang lain.

2, si anonim kurang menyadari kalo posisi gambar yang udah ada di dunia maya, sangat rentan untuk dicopas orang lain. kalo mau, ya diprotect pake signature, ato watermark.

jadi sama-sama kurang pas.

buat bang indoscream, originalitas adalah sebuah kekuatan. dan sebaiknya anda lebih menghargai karya2, baik itu berupa foto, gambar, atau tulisan, atau apapun yang ada di dunia maya. karena saya yakin, anda juga belum tentu bisa membuatnya.

dan jangan bangga dengan copas. tidak ada yang bisa dibanggakan dari itu. tulislah, atau buatlah karya anda sendiri :)

sebenernya bahasan HAKI ini agak panjang. jadi saya nggak mau nanggepin banyak.

Ani mengatakan...

@Irma .. ^__^

@Indoscream .. khas anak muda .. easy going :D

@Zia .. setuju dengan pendapat anda, masukkan bagus untuk para copas-er .. biar berkarya lebih baik lagi

Keep writing guys :)

Qefy mengatakan...

Agaknya memang harus hati-hati Kak, ketika kita suka bisa ambil gambar dan kasi link si pencipta. Biasanya dengan link itu si pencipta merasa senang. Tapi Kak, dengan adanya perkara ini bisa membuka sekaligus menyadarkan para copas-er. ^_^

Kak, salam untuk keluarga yah. Salam aidilfitri, maaf lahir batin ya Kk ^_^

Ani mengatakan...

@Qefy .. sampe subuh-pun diriku ngga bisa ninggalin jejak di lapak-mu :(

salam juga buat keluarga besarmu ^_^

samuri mengatakan...

tuk si Anonim, Internet kan bebas tuh, klo gak mau dicopy jangan upload gambar di Internet. hhe...

tapi qta sebagai pengguna jg harap sadar untuk menggunakan internet sebagaimana mestinya, :D

tapi klo gambarku yg di copy sih sy fine-fine saja, semua gambar yg bebas dipakai. :D

ansopiy mengatakan...

Innamal a'malu binniyat..
Amal itu bergantung pada niat..
gitu kata rosul, dan saya percaya itu..

Hehe, nyambung gak ya? ^_^
Minal aidin wal faidzin ajah..

Nik Salsabiila mengatakan...

mbak aniii...sebenernya aku dah baca postingan ini berkali2...cuman ntah knapa....aku kok speechless buat komen yah...hahahhaa...mungkin krn ini bukan kategori spesialisasiku...wakakakkk...#ngaco
tapi intinya aku idem sama semua komentator di atas aja lah...
karena ini pasca lebaran..mari saling memaafkan silap dan salah...
Sperti kata mas Qefy..semoga kita tak terlambat utk melakukan yg terbaik....Happy ied fitri mbakku...maafin nick slama ini yah...suka jdi troublemaker...hahahah :P